November 02, 2012

Damon Albarn is a honorable supporters of the Blues!

Sepakbola Inggris pastinya tidak lepas dari personil atau band yang mendukung salah satu klub yang berlaga di Barclays Premier League. Di setiap klub BPL pasti ada supporter yang berasal dari salah satu personil band, atau mungkin seluruh personil menggemari klub sepakbola yang sama. Dan pada saat semua orang terpaku dengan dukungan yang diberikan Gallagher bersaudara kepada Manchester City, -bahkan pertengahan 90'an Noel pernah berencana membeli separuh saham Manchester City- mungkin masih sedikit orang yang tahu kalau seorang Damon Albarn adalah seorang true blue. Damon menjadi seorang Chelsea Fans jauh sebelum seorang milliuner Roman Abramovic membeli Chelsea pada 2003.



Bahkan saat saya menulis kalimat ini di Twitter; "Okelah, Tottenham Hotspurs punya Gallows, tapi Chelsea punya Damon Albarn X).". Tidak lama, sekitar 15 kemudian tweet saya tersebut di-retweet dengan kata 'otoy' oleh salah seorang teman. Dalam hati, saya hanya bisa senyum. Mungkin banyak yang berfikir kalau Damon adalah seorang fan Arsenal. Asumsi saya tersebut berasal dari banyaknya musisi di Indonesia yang penggemar Blur juga seorang fan Arsenal, klub sekota Chelsea selain Fulham, Tottenham, West Ham, dan QPR.

Sekarang kembali ke paragraf pertama yang menuliskan kecintaan personil band dengan sebuah klub sepakbola BPL. Mungkin Anda semua juga masih ingat, bagaimana perseteruan dua "raja" britpop di pertengahan 90'an atara Oasis dan Blur. Di masa itu, kedua band silih berganti merajai chart top 40 UK. Tidak hanya berseteru di atas dan balik panggung, Damon juga berseteru dengan Gallagher bersaudara di samping lapangan hijau.

Kecintaan Damon terhadap Chelsea ditunjukannya dalam berbagai kesempatan. Di salah satu majalah yang menjadikannya sebagai sampul majalah, dengan bangganya, Damon mengenakan jersey Chelsea musim 1994 hingga 1996.




Dukungan Damon terhadap Chelsea tidak hanya ditunjukan di sampul majalah. Di video klip Blur pun, Damon menyisipkan properti yang berhubungan dengan The Blues. Salah satunya di video klip "Country House". Coba Anda perhatikan di detik kelima, di sana tampak Damon sedang membaca majalah yang tengah mengulas Chelsea.



Kecintaan Damon kepada Chelsea pun ditularkan kepada putrinya Missy. Salah satu pemain favorit putrinya adalah Fernando Torres. "Putri saya (Missy) selalu menjadi fan Torres, bahkan di momen terburuknya." ujar Damon kepada salah satu surat kabar Inggris.



Meski telah menjadi seorang musisi besar, saat menonton pertandingan yang dijalani Chelsea, frontman Blur dan Gorillaz ini tidak pernah berada atau minta ditempatkan di kursi spesial. Damon lebih memilih berada di barisan supporter yang berada jauh dari jangkauan kamera televisi, tidak seperti apa yang dilakukan Noel Gallagher saat menyaksikan pertandingan terakhir musim 2011, saat Manchester City menjamu dan mengalahkan QPR di Etihad Stadium.

Mungkin kejadian yang paling menarik adalah saat Damon menyaksikan secara langsung ketika Chelsea melaju ke final Champion menghadapi Bayern Muenchen di Allianz Arena, dimana Chelsea memenangi pertandingan tersebut dengan skor 4-3 lewat adu penalti. Di Allianz Arena Damon datang sendiri menyaksikan saat Frank Lampard dkk menghempaskan mimpi Arjen Robben untuk mengangkat piala Champion di kandangnya sendiri.


"Semua orang melihat sisi negatif dari Torres dan terus mengkritiknya. Tapi lihatlah dia sekarang. Dia memenangi Liga Champion, Euro dan Golden Boot (top skor Euro) tahun ini. Tidak terlalu buruk dalam setahun kan?"  ujar Damon kepada The Sun.




Damon Albarn will always be remembered as one of the honorable supporters of the Blues!

1 komentar:

  1. Keren min..kayaknya gw akan baca semua artikel yang lau kibin...sadissss thanks min

    BalasHapus